Rabu, 08 November 2017

karya ilmiah kel 3 ARTIKEL HASIL PENELITIAN



MAKALAH
TATA CARA PENULISAN ILMIAH
ARTIKEL HASIL PENELITIAN
 

Dosen Pembimbing:
Dr. Jon Efendi, M.Pd

Disusun Oleh:
Kelompok 3
1.   Anggi Erlina Putri (17003112)
2.   Kurnia (17003094)
3.   Nadia Oktafiana (17003140)
4.   Nanda Turna Putra (1700)
5.   Suci Aulia Annisa (17003105)
6.   Wildaniati (17003077)
7.   Zuhriyati (17003160)



Fakultas Ilmu Pendidikan
Pendidikan Luar Biasa
Universitas Negeri Padang
2017


KATA PENGANTAR
           
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Sholawat serta salam kita sampaikan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita ke alam yang terang dan penuh pengetahuan.
Terima kasih kepada dosen mata kuliah “Karya Ilmiah” yang telah memberikan berbagai masukkan dan bimbingan selama mengikuti kegiatan pembelajaran guna membantu dan memahami pelajaran dan pembuatan makalah ini. 
Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang penulis harapkan dapat tercapai. Segala saran dan kritik dari berbagai pihak yang sifatnya membangun akan diterima dengan senang hati demi kesempurnaan makalah ini.

                                                                            Padang, 7 November 2017



                                                                                          Tim Penulis







i
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................i
DAFTAR ISI................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................iii
       A.Latar Belakang.....................................................................................1
       B.Rumusan Masalah................................................................................1
       C.Tujun Makalah.....................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
A.  Artikel Hasil Penelitian.......................................................................2
B.   Ciri-Ciri Pokok Hasil Penelitian.........................................................2
C.   Isi Dan Sistematika Artikel Hasil Penelitian......................................3
BAB III PENUTUP
     A.Kesimpulan..........................................................................................7
B.Saran....................................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA













ii
BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.
Artikel hasil penelitian adalah artikel ilmiah yang ditulis dari hasil suatu kegiatan penelitian. Hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel untuk kemudian diterbitkan dalam jurnal ilmiah memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang ditulis dalam bentuk laporan teknis resmi.
Menurut Suyitno (2011:92) artikel penelitian merupakan artikel ilmiah yang disusun atau dibuat berdasarkan laporan hasil penelitian. Bentuk publikasi yang lebih luas merupakan kelebihan artikel ilmiah dibandingkan laporan teknis resmi sebuah penelitian. Publikasi artikel melalui jurnal imiah akan lebih mudah dalam penyampaian informasi kepada para pembaca.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa itu artikel hasil penelitian?
2.      Apa ciri-ciri pokok hasil penelitian?
3.      Apa isi dan sistematika artikel hasil penelitian?
C.    TUJUAN MAKALAH
1.      Untuk mengetahui apa itu artikel hasil penelitian.
2.      Untuk mengetahui apa saja ciri-ciri pokok hasil penelitian.
3.      Untuk mengetahui apa isi dan sistematika artikel hasil penelitian.



1
BAB II
PEMBAHASAN

A.       ARTIKEL HASIL PENELITIAN
Artikel hasil penelitian adalah artikel ilmiah yang ditulis dari hasil suatu kegiatan penelitian. Hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel untuk kemudian diterbitkan dalam jurnal ilmiah memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang ditulis dalam bentuk laporan teknis resmi.
Menurut Suyitno (2011:92) artikel penelitian merupakan artikel ilmiah yang disusun atau dibuat berdasarkan laporan hasil penelitian. Bentuk publikasi yang lebih luas merupakan kelebihan artikel ilmiah dibandingkan laporan teknis resmi sebuah penelitian. Publikasi artikel melalui jurnal imiah akan lebih mudah dalam penyampaian informasi kepada para pembaca.

B.       CIRI-CIRI POKOK HASIL PENELITIAN
a)    Bahan, artikel hasil penelitian untuk jurnal hanya berisi hal- hal atau bahan-bahan yang penting saja.
b)  Sistematika penulisan, artikel hasil penelitian terdiri atas bagian dan sub bagian. Bagian dan sub bagian tersebut dapat diberi judul atau tanpa judul. Dalam bagian artikel hasil penelitian, kajian pustaka merupakan bagian awal artekal (tanpa judul sub bagian kajian pustaka) yang berfungsi sebagai bagian penting dari latar belakang penelitian. Kajian pustaka yang sekaligus berfungsi sebagai latar belakang penelitian ditutup dengan rumusan tujuan penelitian ( tanpa judul sub bagian tujuan penelitian).



2
                                                                                                     3
c)    Prosedur penulisan, bila kita ambil contoh prosedur dari pedoman penulisan karya ilmiah universitas negeri malang (2003: 43) dapat dikemukakan bahwa ada tiga kemungkinan prosedur penulisan artikel hasil penelitian.
1) Artikel hasil penelitian ditulis sebelum laporan penelitian teknis resmi secara lengkap dibuat.
2) Artikel hasil penelitian untuk jurnal ditulis setelah laporan penelitian teknis resmi selesai disusun.
3)  Artikel hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal merupakan satu-satunya tulisan yang dibuat oleh peneliti.
d)  artikel ilmiah itu merupakan tulisan ilmu pengetahuan yang disusunkan berdasarkan penelitian
e)    artikel ilmiah itu bersifat objektif, artinya informasi yang   diungkap sesuai dengan karakteristik objeknya. Jiak      penelitian itu diulangi hasilnya akan sama
f)    artikel ilmiah harus didasarkan pada pemikiran ilmiah, yakni          logis serta empiris
g)    artikel ilmiah sistematis. Artinya susunan isinya bersistem, dimulai dengan judul artikel, abstrak, pendahuluan,   metodelogi penelitian, hasil pembahasan,dan kesimpulannya
h)    artikel ilmiah dikembangkan berdasarkan rujukan atau        referensi. Karna itu tulisan jenis ini selalu dilengkapi dengan            daftar pustaka
i)     informasi artikel ilmiah bersifat eksplisit. Penggunaan kata -           kata ambigu tidak relevan untuk digunakan dalam tulisan ilmiah
j)     artikel ilmiah juga memiliki ciri kebahasaan yakni, bahasa tulisan ilmiah



                                                                                                     4
            C.   ISI DAN SISTEMATIKA ARTIKEL HASIL PENELITIAN
Penulisan artikel menggunakan sistematika tanpa angka maupun abjad,berikut akan diuraikan tentang isi artikel hasil penelitian secara umum yang berlaku untuk hasil penelitian kuantitatif maupun kualitatif.
1)      Judul
Judul hendaknya informatif, lengkap, tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek,yaitu 5-15 buah kata. Judul memuat variabel-variabel yang diteliti atau kata kunci yang menggambarkan masalah.
2)      Nama Penulisan
Nama penulis artikel ditulis tanpa disertai gelar akademik atau gelar lain apapun. Jika lebih dari dua penulis, hanya penulis utama saja yang dicantumkan di bawah judul.
3)      Abstrak dan Kata Kunci
Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide yang paling penting, abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur penelitian (untuk penelitian kualitatif termasuk deskripsi tentang subjek yang diteliti) dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu, juga kesimpulan). 
4)     Abstrak diketik dengan spasi tunggal.
 Kata kunci adalah kata pokok yang menggambarkan daerah masalah yang diteliti atau istilah-istilah yang merupakan dasar pemikiran gagasan dalam karangan asli dan berupa kata tunggal atau gabungan kata. Kata kunci berguna untuk kepentingan komputerisasi sistem informasi ilmiah.
5)      Pendahuluan
Pendahuluan ditulis langsung setelah abstrak dan kata kunci. Bagian ini berisi kajian pustaka yang mencakupi sedikitnya 3 gagasan yaitu;
1.    Latar belakang atau rasional penelitian
                                                                                                5
2.    Masalah dan wawasan rencana pemecahan masalah
3.    Rumusan tujuan penelitian (dan harapan tentang manfaat hasil   penelitian).
6)      Metode
Pada prinsipnya, bagian ini berisi bagaimana penelitian itu dilakukan. Uraian disajikan dalam beberapa paragraph tanpa sub bagian atau dipilih-pilih menjadi beberapa sub bagian.
Materi pokok dalam bagian ini adalah bagaimana data dikumpulkan, siapa/apa sumber data, dan bagaimana data dianalisis. Apabila uraian ini disajikan dalam subbagian, maka berisi keterangan tentang populasi dan sampel (atau subjek), instrumen pengumpulan data, rancangan penelitian (terutama jika digunakan rancangan yang cukup kompleks seperti rancangan eksperimental), dan teknik analisis data.
Penelitian yang menggunakan alat dan bahan perlu ditulis spesifikasinya, karena menggambarkan kecanggihan alat yang dipakai. Sedang spesifikasi bahan diperlukan karena penelitian ulang dapat berbeda dari penelitian sebelumnya jika spesifikasi bahan yang diperlukan juga berbeda.
Untuk penelitian kualitatif perlu ditambahkan kehadiran peneliti, subjek penelitian dan informan beserta cara-cara penggali data penelitian, lokasi penelitian, dan lama penelitian. Perlu juga diberikan uraian mengenai pengecekan keabsahan hasil penelitian.
7)      Hasil
Bagian ini merupakan bagian utama artikel ilmiah, dan sebab itu biasanya merupakan bagian terpanjang. Hal-hal yang disajikan adalah hasil analisis data dan hasil pengujian hipotesis (yang dilaporkan hasil bersih). Hasil analisis boleh disajikan dengan tebal atau grafik.


                                                                                            6
Apabila hasil yang disajikan cukup panjang, penyajian bisa dipilih-pilih menjadi sub bagian- sub bagian sesuai dengan penjabaran masalah penelitian.
8)      Pembahasan
Bagian ini merupakan bagian terpenting dari keseluruhan artikel ilmiah. Tujuan pembehasan adalah:
1.      untuk menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai,
2.      menafsirkan temuan-temuan
3.      mengintegrasi temuan penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan,
4.      menyusun teori baru atau memodifikasikan teori yang ada.
9)      Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan menyaikan ringkasan dari uraian yang disajikan pada bagian hasil dan pembahasan. Sedangkan saran disusun berdasarkan kesimpulan yang ditarik. Dan dapat mengacu kepada tindakan praktis, pengembangan teoritas, atau penelitian lanjutan.
Dalam prakteknya kesimpulan mengacu pada jawaban dari tujuan penelitian.
 Saran mengacu kepada bagaimana manfaat dari penelitian guna mengambil tindakan praktis, pengembangan teoritas, atau penelitian lanjutan
10)  Daftar Pustaka
Daftar pustaka harus lengkap dan sesuai dengan rujukan yang disajikan dalam batang tubuh artikel ilmiah. Bahan pustaka yang dimasukkan dalam daftar pustaka harus sudah disebutkan dalam batang tubuh artikel. Demikian pula semua rujukan yang disebutkan dalam batang tubuh harus disajikan dalam daftar pustaka.


BAB III
PENUTUP

A.       KESIMPULAN
Dari hasil pembahasan tentang artikel hasil penelitian maka dapatdi ambil kesimpulan bahwa dengan adanya ciri-ciri pokok hasil penelitian itu memuat sebuah hasil penelitian hal-hal yang penting saja, sistematika, dan prosedur penelitian, pada isi dan sistematika artikel hasil penelitian terdapat judul, nama penulis, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahsan, kesimpulan, saran, dan daftar rujukan dalam pembuatan artikel hasil penelitian.
Artikel hasil penelitian hasil-hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel untuk kemudian diterbitkan dalam jurnal-jurnal memiliki kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan yang ditulis dalam bantuk laporan teknis resmi. Laporan teknis resmi memang dituntut untuk berisi hal-hal yang menyeluruh dan lengkap sehingga naskahnya cenderung tebal dan diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, dan akibatnya hanya kalangan yang sangat terbatas saja yang dapat mambacanya. Sebaliknya, hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel biasanya dituntut untuk berisi hal-hal yang penting-penting saja.

B.       SARAN
Tim penulis berharap agar pembaca dapat meningkatkan lagi tata cara penulisan artikel hasil penelitian sehingga hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel di jurnal akan memiliki pembaca yang jauh lebih banyak dari laporan penelitian.
           


                                                                                                     
DAFTAR PUSTAKA

Daeng Ayub Natuna. 2006.BIMBINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH. Pekanbaru: Universitas Riau
http://www.buku.asikbelajar.com/2016/10/sistematika-artikel-hasil- penelitian.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kel 5 afgan SISTEM SARAF TEPI

ANATOMI, FISIOLOGI, NEUROLOGI, DAN GENETIKA SISTEM SARAF TEPI DISUSUN OL...