Minggu, 17 September 2017

PA hakikat pertumbuhan (k1)




HAKIKAT PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK


  

Disusun Oleh:
kelompok 1
Pianti Tri Putri
Widya Ningsih
Sukma Wuandari
Nadia Nabila Putri
Sri Multi Sari
Fairuz Luthfiyah


Universitas Negri Padang
PADANG
2017







KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah melimpahkan rahmat Dan hidayahnya sehingga kami dapat menyelesaikan Makalah dengan judul “Hakikat Pertumbuhan dan Perkembangan Anak” ,  Shalawat serta salam semoga senantiasa selalu tercurahkan kepada Uswah Hasanah kita Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan risalah kebenaran dan telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang yang penuh dengan petunjuk dinul islam.
Dengan selesainya makalah ini kami harap dapat membantu dan mempermudah bagi semua kalangan pembaca sebagai bahan pembelajaran yang akan bermanfaat untuk menambah wawasan kita.
Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar lebih baik lagi untuk selanjutnya.










i
Daftar Isi
Halaman depan
Kata Pengantar ..................................................................................................................i
Daftar Isi .............................................................................................................................ii
Bab I    PENDAHULUAN
            1.1 Latar Belakang .............................................................................................. 1
            1.2. Perumusan Masalah ......................................................................................1
            1.3 Tujuan .............................................................................................................1
Bab II    PEMBAHASAN
            2.1 Definisi Tumbuh Kembang Anak ....................................................................2
            2.2 Teori Perkembangan Menurut Para Ahli ........................................................3
            2.3 Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak ........................................7
Bab III   Penutup
            3.1 Saran  ............................................................................................................9
            3.2 Kesimpulan ....................................................................................................10
Daftar Pustaka...................................................................................................................11





ii
BAB I
Pendahuluan
A. Latar belakang
Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi didunia dan alam semesta ini merupakan sunnahtullah yang tidak bisa dihindari. Hal itu merupakan kejadian alamiah yang setiap yang hidup pasti akan mengalami dan merasakan perubahan. Dalam konteks kajian ilmu perkembangan anak merupakan proses bertahap yang  dialami oleh setiap individu. Akan tetapi kita juga harus mengetahui secara pasti, apa yang mendasari dan melatar belakangi perubahan dan perkembangan pada individu tersebut.
 Selain itu dalam perkembangan anak juga tidak lepas dari aspek kesehatan anak yang masing – masingnya saling berhubungan.

b. Rumusan Masalah
            1) Apa Definisi Tumbuh Kembang Anak?
            2) Apa Saja Teori Perkembangan Menurut Para Ahli?
3) Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan ?

C. Tujuan
1) Memiliki Wawasan serta pemahaman tentang Konsep dasar pertumbuhan perkembangan anak.
2) Memiliki Wawasan serta pemahaman tentang Hakikat pertumbuhan perkembangan anak.







1
BAB II

PEMBAHASAN

 2.1 Definisi Tumbuh Kembang Anak
 Pertumbuhan (growth) adalah Suatu Proses Perubahan Fisik Yang Di tandai dengan bertambahnya ukuran berbagai organ tubuh yang di sebabkan adanya penambahan pembesaran sel sel tubuh.
Perkembangan (development) Adalah Suatu Proses menuju terciptanya kedewasaan yang di tandai bertambahnya kemampuan atau Keterampilan yang menyangkut struktur tubuh yang berkaitan dengan aspek non fisik.


2.2 Teori pertumbuhan dan perkembangan menurut para ahli
1.  Elizabeth B.Hurlock
Perkembanga Merupakan Serangkaian Perubahan, Progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman, terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.
2.  Karl E.Garison
Pertumbuhan Adalah individu dalam bentuk ukuran badan, perubahan otot, tulang, kulit, rambut dan kelenjar.
3.  Menurut Monks, dkk
Monks, dkk menyatakan perkembangan merupakan suatu proses menuju kesempurnaan yang tidak bisa terulang kembali. Perkembangan diartikan sebagai suatu perubahan yang bersifat tetap dan tidak bisa kembali.

2
misalnya perkemangan secara fisik, perubahan bentuk dan fungsi fisiologis akan berubah sejak anak- anak dan terus tumbuh ke arah menjadi manusia dewasa.
  4.             Seifert dan Hoffnung
Mereka mengartikan perkembangan sebagai perasaan yang tumbuh pada seseorang dan mengakibatkan perubahan jangka panjang, pola berfikir, hubungan sosial, dan skil motorik. Seifert dan Hoffnung melibatkan beberapa unsur dalam perkembangan. Pada anak, perkembangan mengakibatkan perubahan pada kematangan tingkat berfikir, interaksi sosial, dan semakin matangnya fungsi motorik.
 5. Desmita
Mengartikan bahwa perkembangan mencakup perubahan fisik, dan didalamnya perubahan terjadi secara terus menerus dari fungsi jasmaniah dan rohaniahnya menuju tahap yang lebih matang.
 6. Arnold Gisel
Perkembangan merupakan proses pendewasaan atau kematangan secara fisiologi. Arnold membagi tahapan perkembangan pada anak ke dalam  lima tahap.
 7. Robert Havighurst
Perkembangan pada anak dipengaruhi oleh faktor penting yaitu lingkungan. Robert berfokus pada tempat dimana anak tumbuh dan meliputi keadaan dalam lingkungan tersebut.


3
Robert mengatakan pada anak, tugas perkembangan hanya dipelajari satu kali saja seperti berjalan, berlari, menyebutkan nama, dan sebagainya. Robert mengatakan bahwa lingkungan sekeliling tempat tinggal anak tersebut dan juga peran dari orang tuanya. Robert juga mengutarakan bahwa tugas perkembangan anak dipelajari hanya sekali seperti berjalan, berlari, dan lainnya.
  7. Erik Erikson
Perkembangan menurut Erikson dikenal dengan teori perkembangan psiko sosial. Teori perkembangan psiko sosial ini salah satu yang terbaik. Erikson memiliiki kepercayaan bahwa kepribadian manusia berkembang dalam beberapa tingkatan. Salah satu komponen dari teori psiko sosial Erikson adalah perkembangan persamaan ego. Persamaan ego merupakan perasaan yang berkembang dari interaksi sosial. Perkembangan ego berubah berdasarkan pengalaman, interaksi sosial, dan informasi informasi baru yang didapatkan.
8.  Santrok Yussen
Perkembangan merupakan pola yang berkembang terus menerut sepanjang hayat. Perubahan ini berlangsung sampai menimbulkan sifat sifat baru dalam diri individu. Misalnya sifat egois pada anak- anak, akan berkembang setelah mengenal interaksi sosial dan saling membutuhkan antar manusia sehingga merubah sikap tersebut.
   9. Maria Montessori
Maria Montessori memiliki prinsip prinsip perkembangan seperti pembelajaran dilakukan sambil bermain agar anak lebih paham. Montessori juga membantu para orang tua untuk menerapkan pola belajar pada anak.


4
Tahap perkembangan menurut Montessori yaitu secara kognitif, afektif, dan psikomotor.
·     Kognitif: kemampuan anak dalam berfikir atau kecerdasan individu
·     Afektif : perkembangan yang melibatkan emosi
·     Psikomotor: perkembangan anak dengan pembelajaran gerak dan aktivitas fisik.
 10. Sigmund Freud
Menurut Sigmund freud, anak anak mencari kesenangan dari energi yang dimiliki. Energi psikoseksual merupakan dorongan yang menjadi sensitif pada area tertentu dan menjadi latar belakang perilaku. Hal ini dibentuk pada usia lima tahun.Jika tahap psikoseksual ini selesai dengan baik maka anak juga akan berkembang dengan baik.
 11. Werner Sombart
Perkembangan berjalan dengan prinsip orthogenetis. Perkembangan berjalan dimulai dari kondisi global atau umum mengarah ke kondisi yang lebih spesifik dan terintegrasi secara bertahap. Proses penspesifikan ini disebut juga proses diferensiasi. Proses diferensiasi ini diartikan sebagai prinsip totalitas pada diri anak.
 12. Arifin
Pertumbuhan diartikan sebagai penambahan bentuk, ukuran, berat, serta bagian bagian lainnya. Perubahan bentuk tubuh terintegrasi dengan bagian lainnya secara fungsional dan berlangsung sejalan dengan pertumbuhan. Perkembangan disyarati oleh adanya pertumbuhan.



5
 13. Kasiram
Perkembangan dipandang sebagai sifat sifat baru yang muncul pada individu dan berbeda dengan sifat yang sebelumnya. Hal ini dilalui individu untuk menyempurnakan dan mengevaluasi sifat sifat sebelumnya. Proses ini juga didukung dengan faktor faktor dari pengalaman.
 14. Kartono
Perkembangan sebagai perubahan fisiologis hasil dari pematangan fungsi fisik tubuh dalam jangka waktu tertentu.
  15. Urie Bronfenbrenner
Urie bronfenbrenner mencetuskan teori perkembangan melalui enam sistem lingkungan, yaitu:
·       Mikrosistem: meliputi orang tua, sekolah, hewan peliharaan, dan komponen kehidupan yang terdekat dengan anak dalam kehidupan sehari hari.
·       Mesosistem: hubungan interpersonal dengan orang tua atau sekolah atau lingkungan rumah.
·       Eksosistem: mengacu pada peraturan sosial yang mungkin juga tida terjadi langsung pada individu tersebut.
·       Makrosistem: budaya pada suatu negara, gaya hidup.
·       Kronosistem: mengacu pada riwatah hidup, interaksi sosial politik.
16. James J. Gibson dan Roger G. Barker
Perkembangan terjadai pada anak dinyatakan bahwa perilaku yang berkembang pada individu merupakan hasil penyesuaian diri dari lingkungannya.Perkembangan individu akan mirip dengan sosial tempatnya tinggal.

6

2.3 Faktor  Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak
1. Faktor genetik  (faktor keturunan)
bersifat tetap atau tidak berubah sepanjang kehidupan
• menentukan beberapa karakteristik seperti jenis kelamin, ras, rambut, warna mata, pertumbuhan fisik, sikap tubuh dan beberapa keunikan psikologis seperti temperamen
•Potensi genetik yang bermutu hendaknya dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif sehingga diperoleh hasil akhir yang optimal.
2. Faktor eksternal / lingkungan
 mempengaruhi individu setiap hari mulai konsepsi sampai akhir hayatnya, dan sangat menentukan tercapai atau tidaknya potensi bawaan
• faktor eksternal yang cukup baik akan memungkinkan tercapainya potensi bawaan, sedangkan yang kurang baik akan menghambatnya
a. Keluarga
      • nilai, kepercayaan, adat istiadat, dan pola interaksi dan komunikasi.
      • Fungsi :bertahan hidup, rasa aman, perkembangan emosi dan sosial, penjelasan mengenai masyarakat dan dunia, dan membantu mempelajari peran dan perilaku
b. Kelompok teman sebaya
  Lingkungan yang baru dan berbeda, memberi pola dan struktur yang berbeda dalam interaksi dan komunikasi, dan memerlukan gaya perilaku yang berbeda.




7
fungsi: belajar kesuksesan dan kegagalan, memvalidasi dan menantang pemikiran dan perasaan, mendapatkan penerimaan, dukungan dan penolakan sebagai manusia unik yang merupakan bagian dari keluarga; dan untuk mencapai tujuan kelompok dengan memenuhi kebutuhan dan harapan.
c. Pengalaman hidup
pengalaman hidup dan proses pembelajaran membiarkan individu berkembang dengan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari
Tahapan proses pembelajaran
 •mengenali kebutuhan
 •penguasaan ketrampilan
 •menjalankan tugas
 •integrasi ke dalam seluruh fungsi
 •mengembangkan penampilan perilaku yang efektif.
d. Kesehatan
• Tingkat kesehatan — respon individu terhadap lingkungan dan respon orang lain pada individu
• Kesehatan prenatal (sebelum bayi lahir) mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan dari fetal (janin)
• Nutrisi adekuat
• Keseimbangan antara istirahat, tidur dan olahraga
• Kondisi sakit — ketidakmampuan untuk melaksanakan tugas-tugas perkembangan — tumbuh kembang terganggu
e. Lingkungan tempat tinggal
Musim, iklim, kehidupan sehari-hari dan status sosial ekonomi




8
BAB III
Penutup
3.1 Saran 
            Dalam proses perkembangan anak sangat di perlukan peran orang tua yang selalu membimbing dan memberikan perhatian penuh kepada anak, agar tidak ada gejala apapun yang akan menggangu tumbuh kembang anak.
3.2 Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah di lakukan dapat di ambil kesimpulan bahwa proses perkembangan anak tidak lepas dari pengaruh lingkungan serta  peran orang tua.












9
                                                DAFTAR PUSTAKA

Santrock, Johnw. 2005.Perkembangan Anak. Erlangga:Jakarta
Soetjingsih.1995.Tumbuh Kembang Anak.EGC:Jakarta













10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kel 5 afgan SISTEM SARAF TEPI

ANATOMI, FISIOLOGI, NEUROLOGI, DAN GENETIKA SISTEM SARAF TEPI DISUSUN OL...